Nama Lengkap
|
:
| |
Kelas
|
:
|
ANGKET EDS 2013 UNTUK SISWA
Petunjuk :
1. Tuliskan nama dan kelas terlebih dahulu pada tabel yang disediakan di atas!
2. Bacalah soal dengan baik sebelum memberikan jawaban!
3. Jawaban dengan tanda £ berarti boleh memilih lebih dari 1 jawaban.
4. Jawaban dengan tanda berarti hanya boleh memilih salah satu jawaban yang paling tepat.
2. Kesulitan kamu dalam menguasai pelajaran di sekolah adalah :
| |
£
|
materi pelajaran terlalu sulit untuk dipahami
|
£
|
materi pelajaran terlalu banyak
|
£
|
dasar pengetahuan yang diperoleh sebelumnya kurang mendukung
|
£
|
guru tidak menjelaskan materi yang sulit secara rinci
|
£
|
penjelasan guru sukar dipahami
|
3. Jumlah percobaan/eksplorasi yang kamu lakukan di sekolah selama satu semester adalah
| |
|
tidak ada
|
|
satu sampai tiga percobaan
|
|
empat sampai tujuh percobaan
|
|
lebih dari tujuh percobaan
|
4. Jumlah karya (selain karya tulis) yang kamu buat atas petunjuk guru selama satu semester adalah
| |
|
tidak ada
|
|
satu sampai tiga percobaan
|
|
empat sampai tujuh percobaan
|
|
lebih dari tujuh percobaan
|
5. Jumlah buku yang kamu baca dan dibuat intisari atau penyajiannya atas petunjuk guru selama satu semester adalah
| |
|
tidak ada
|
|
satu sampai tiga percobaan
|
|
empat sampai tujuh percobaan
|
|
lebih dari tujuh percobaan
|
6. Kegiatan belajar yang kamu lakukan di sekolah pada umumnya mencakup hal-hal sebagai berikut :
| |
£
|
Penguasaan informasi (pesan) yang ada pada buku teks dan bahan ajar lainnya
|
£
|
Pengolahan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber
|
£
|
Pengolahan informasi dan penyampaiannya menggunakan tulisan, gambar, dan grafik.
|
£
|
Bersosialisasi dengan masyarakat dalam kegiatan tertentu
|
£
|
Magang atau terlibat aktif dalam kegiatan pada sebuah kantor atau tempat kerja
|
£
|
Mempelajari teknik dan taktik olah raga serta mempraktekkannya
|
£
|
Praktek di bengkel atau laboratorium
|
£
|
Mempelajari teori dan teknik, serta mempraktekkan kesenian tertentu
|
£
|
Mempelajari tatacara beribadah dan menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari
|
7. Kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan oleh guru di sekolah kamu adalah :
| |
£
|
Menyampaikan pelajaran tidak hanya ceramah, namun diselingi aktivitas lain yang tidak membosankan
|
£
|
membimbing siswa dalam belajar, tidak hanya memberikan tugas
|
£
|
memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
|
£
|
penjelasan guru padat dan ringkas, serta mudah dipahami
|
£
|
memperhatikan siswa ketika mengajar
|
£
|
melibatkan siswa dalam menggunakan media dan fasilitas belajar
|
£
|
teori diikuti dengan pelaksanaan praktek
|
£
|
bersikap adil dalam melakukan penilaian
|
£
|
melakukan penilaian sesuai dengan materi yang diajarkan
|
8. Kebiasaan baik yang ada di sekolah dan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa adalah:
| |
£
|
Memberi salam ketika bertemu guru
|
£
|
Berdoa sebelum mulai belajar
|
£
|
Antrian dalam melakukan kegiatan tertentu
|
£
|
Membersihkan ruang kelas secara bergantian (sesuai jadwal)
|
£
|
Bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah
|
£
|
Berpartipasi dalam penanggulangan masalah yang terjadi di masyarakat
|
£
|
Berpartisipasi dalam kehidupan bersosial (menjenguk teman/guru yang sakit, melayat teman atau keluarga yang meninggal)
|
9. Proses belajar yang kamu alami di sekolah terkait dengan keterampilan berkomunikasi (membaca, menyimak, menulis, dan berbicara) adalah :
| |
£
|
Membuat karya tulis dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
|
£
|
Melaporkan hasil telaah buku secara tulisan dan lisan
|
£
|
Membuat laporan kegiatan hasil projek, eksperimen atau penelitian
|
£
|
Membuat dokumen perencanaan dan pelaporan hasil kegiatan
|
£
|
Berdiskusi dan mengajukan ide dalam belajar berkelompok
|
£
|
Memaparkan hasil pemantauan, jajak pendapat, dan/atau wawancara secara lisan dan tulisan
|
10. Kegiatan belajar di sekolah yang kamu ikuti pada umumnya mencakup aktivitas guru dalam :
| |
£
|
menyampaikan tujuan belajar
|
£
|
menjelaskan manfaat pelajaran dan kaitannya dengan pelajaran yang lain
|
£
|
mengecek pemahaman kamu terkait dengan pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya
|
£
|
memaparkan kemajuan belajar siswa secara umum berdasarkan hasil ulangan
|
£
|
menarik perhatian kamu dengan memperlihatkan sesuatu, bercerita, atau hal lainnya
|
£
|
memberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan jawaban yang sesuai
|
£
|
menugaskan untuk melakukan penyelidikan (ekplorasi) tentang suatu permasalahan
|
£
|
mengecek pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan
|
£
|
menugaskan untuk melakukan latihan pemantapan materi
|
£
|
memberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil kerja
|
£
|
melibatkan kamu dalam membuat rangkuman pelajaran
|
£
|
memberikan tugas untuk mempelajari materi pada pertemuan selanjutnya
|
£
|
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
11. Tugas yang diberikan oleh guru dalam belajar mencakup aktivitas :
| |
£
|
Mengerjakan soal-soal pada buku lembar kerja siswa
|
£
|
Menyalin informasi dari buku teks atau catatan guru di papan tulis
|
£
|
Membaca atau menelaah buku dan menyampaikan rangkumannya secara tertulis atau lisan
|
£
|
Membuat karya tulis dengan sumber informasi dari buku, internet, dan/atau majalah/koran
|
£
|
Melakukan pengamatan dan melaporkan hasil percobaan dalam pembelajaran IPA
|
£
|
Melakukan pengamatan dan mengenali permasalahan sosial masyarakat sekitar
|
£
|
Membuat karya secara mandiri atau berkelompok dan menyampaikan informasi tentang hasil karya di kelas
|
£
|
Mengumpulkan data dari nara sumber melalui wawancara, angket, atau teknik lainnya dan hasilnya didiskusikan di kelas
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
12. Nasehat dan aturan yang sering diberikan guru dalam belajar adalah:
| |
£
|
tekun belajar untuk menguasai ilmu yang berguna bagi kehidupan
|
£
|
berlaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
|
£
|
mengerjakan tugas secara sungguh-sunggguh dan tidak menyalin hasil kerja teman
|
£
|
bertanggungjawab dalam bertindak, terutama jika melakukan kesalahan
|
£
|
menghormati orang tua, guru dan orang lain
|
£
|
bersikap sportif dan mematuhi tatatertib sekolah
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
13. Hal yang kamu sukai dari guru ketika mengajar adalah
| |
£
|
berbicara santun, lugas, dan mudah dimengerti
|
£
|
suara dapat didengar dengan jelas ketika mengajar
|
£
|
menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik
|
£
|
memberikan balikan atas kelemahan kamu dalam belajar
|
£
|
mendorong dan menghargai peserta didik dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat
|
£
|
berpenampilan rapi dan menyenangkan
|
£
|
mampu memberikan inspirasi
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
14. Fasilitas yang pernah kamu gunakan dalam belajar adalah :
| |
£
|
Lapangan dan perangkat olahraga di sekolah
|
£
|
Peralatan bengkel atau laboratorium yang tersedia di sekolah
|
£
|
Peralatan bengkel atau laboratorium yang ada di luar sekolah
|
£
|
Peralatan seni yang tersedia di sekolah
|
£
|
Fasilitas komputer dan/atau media belajar yang tersedia di sekolah
|
£
|
Buku, CD/DVD, kaset, dan bahan lainnya yang tersedia di perpustakaan sekolah
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
15. Teknologi informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber /media belajar :
| |
£
|
Internet
|
£
|
Radio
|
£
|
Televisi
|
£
|
Komputer
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
16. Penyampaian prosedur dan kriteria penilaian dari guru kepada siswa:
| |
|
Dilaksanakan pada awal semester
|
|
Dilaksanakan pada tengah semester
|
|
Dilaksanakan pada akhir semester
|
|
Tidak disampaikan
|
17. Hal yang dapat kamu jadikan teladan dalam sikap dan perilaku guru pada umumnya adalah:
| |
£
|
Selalu hadir dalam mengajar
|
£
|
Menepati janji dan sportif dalam bertindak
|
£
|
Berani dan tegas dalam mempertahankan kebenaran
|
£
|
Bertanggung jawab dalam mengasuh kegiatan siswa
|
£
|
Memperhatikan dan membantu siswa yang menghadapi permasalahan belajar
|
£
|
Bersikap adil dalam memberikan penilaian
|
£
|
Menerima saran/kritik yang membangun dari peserta didik atau guru lain
|
£
|
Menghargai peserta didik dan menjalin komunikasi yang baik dengan semua orang
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
18. Kondisi kamar kecil (toilet/jamban) yang dimiliki sekolah:
| |
£
|
Sirkulasi udara baik
|
£
|
Ruangan bersih
|
£
|
Ketersediaan air cukup
|
£
|
Pencahayaan cukup
|
£
|
tidak ada jawaban yang sesuai
|
……………….., ………………………….. 2013
Siswa yang bersangkutan
( ……………………………………… )